Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tidak terkontrol sudah menjadi masalah banyak orang karena pola makan yang tidak proporsional. Padahal gula darah yang tinggi menyebabkan sindrom metabolik yang meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

Berikut ini merupakan cara menurunkan kadar gula darah tinggi, yaitu :

1. Penurunan gula darah sebelum tidur

Metode ini adalah salah satu cara menurunkan kadar gula darah yang sering diabaikan tetapi sangat efektif. Banyak penderita diabetes yang memiliki jumlah gula darah puasa yang tinggi. Masalahnya adalah diawali dengan snack atau dengan makan malam. Oleh sebab itu, periksa kadar gula dalam snack atau makanan kita sebelum tidur untuk menurunkan tingkat gula darah.

2. Tambahkan cemilan kecil

Jika kita tidak makan malam, maka cemilan kecil sangat diperlukan. Karbohidrat dalam jumlah kecil diperlukan untuk menjaga detak jantung, aliran darah di tubuh dan metabolisme tubuh tetap bekerja selama kita sedang tidur. Metode ini tidak dapat digunakan oleh semua orang, karena sebagian orang mempunyai tingkat gula darah yang tinggi di pagi hari dan sebagian lain mempunyai tingkat gula darah yang lebih rendah.

3. Cobalah cemilan yang lebih kecil

Jika kita biasa mengkonsumsi cemilan sebelum tidur, pertimbangkan untuk mengurangi porsinya menjadi lebih kecil. Sebagian orang mengonsumsi cemilan dalam porsi yang besar sehingga akan sangat mudah meningkatkan tingkat gula darahnya. Pastikan jumlah karbohidrat yang kita makan pada malam hari sangat kecil agar dapat menurunkan tingkat gula darah.

4. Makan snack yang lebih sehat sebelum tidur

Snack yang sehat mempunyai kandungan yang rendah lemak, kandungan serat yang tinggi atau mempunyai indeks glisemik yang lebih rendah. Buah-buahan atau sayuran juga dapat menggantikan snack sehat. Snack yang sehat mampu menurunkan kadar gula darah dan juga dapat menurunkan berat badan.

5. Ukuran snack yang konsisten

Ukuran snack yang sama dan konsisten setiap hari akan membantu kita untuk menurunkan tingkat gula darah di pagi hari.

6. Tambahkan aktivitas atau latihan di malam hari

Berjalan pada malam hari atau melakukan akivitas lainnya selama 10 menit akan membantu menurunkan tingkat gula darah.

7. Minum obat diabetes secara konsisten

Jika kita minum obat tidak teratur maka akan menambah tingkat gula darah. Dengan meminum obat secara rutin dan teratur sesuai aturan mkan, maka tingkat gula darah akan menurun.

8. Pastikan kebenaran hasil pengecekan gula darah

Pemeriksaan gula darah setelah makan harus dilakukan minimal 3 jam dari saat terakhir kita makan. Hal ini dilakukan untuk melihat efektivitas hasil pengukuran tingkat gula darah. Hasil ini dapat digunakan untuk melihat tingkat gula darah kita dibandingkan dengan tingkat gula darah yang normal.

9. Pastikan tingkat gula darah kita tidak rendah pada malam hari

Sebagian penderita diabetes terutama diabetes karena insulin, akan mempunyai tingkat gula darah yang sangat rendah dibandingkan dengan normal. Ini dinamakan efek Somogyi. Jika ini terjadi, kita harus memeriksa tingkat gula darah pada jam 02.00 atau 03.00. Diskusikan dengan dokter jika hal ini terjadi karena efek obat diabetes yang kita minum. Ingatlah : penanganan jika tingkat gula darah kita rendah adalah dengan asupan karbohidrat yang cepat dimetabolisme.

10. Kualitas tidur yang lebih baik

Pada penderita diabetes sangat jarang sekali memperoleh tidur malam yang nyenyak. Hal ini disebabkan tingginya gula darah yang dapat menyebabkan masalah-masalah pada tidur yaitu apnes, stress, depresi dan rasa sakit pada syaraf kaki. Dengan menurunkan tingkat gula darah pada rentang normal akan meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

11. Kurangi stress pada malam hari

Stres dapat menyebabkan hati memproduksi gula dalam jumlah yang lebih tinggi, sehingga tingkat gula darah ikut meningkat. Dengan mengurangi stress pada malam hari maka akan menurunkan tingkat gula darah pada pagi harinya.

12. Sarapan sepagi mungkin

Pada penderita diabetes memerlukan karbohidrat dalam jumlah kecil saat sarapan yang lebih awal, hal ini dilakukan agar hasil pemeriksaan gula darah tetap berada pada rentang normal.

13. Pertimbangkan terapi pompa insulin

Jika kita memperoleh pengobatan suntikan insulin setiap hari atau asupan insulin pada makanan, terapi pompa insulin dapat dipertimbangkan untuk dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk mengontrol gula darah terutama pada malam hari sehingga tingkat gula darah kita akan berada dalam rentang normal.

14. Diskusikan penyesuaian obat dengan dokter

Jika semua cara telah dilakukan tetapi tidak memberikan hasil gula darah yang normal, maka konsultasikan hal ini kepada ahlinya untuk menyesuaikan pengobatan yang telah dilakukan.

Intinya untuk cara menurunkan gula darah yakni dengan menjaga pola hidup sehat,terutama dalam hal makanan yang di konsumsi. Suatu penyakit tidak akan datang begitu saja tanpa ada sebabnya, sebab dari timbulnya penyakit yaitu dari diri kita sendiri, untuk itu mulailah perbaiki pola hidup.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gula Darah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>